Kelompok Lansia Kelurahan Cigantang Turut Menyemarakkan Lomba Marawis

KOTA TASIK, fokuspriangan.com- Untuk memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H, Kelurahan Cigantang pada hari Rabu malam ( 12/09/2018 ) menggelar acara kreasi seni berbentuk lomba marawis dan rebana

Untuk tahun 2018, tanggal 1 Muharam 1440 H bertepatan tanggal 11/09/2018, masyarakat Kelurahan Cigantang Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya pun turut menyambut dan memeriahkan datangnya tahun baru hijriah ini dengan suka cita dan diisi dengan berbagai kegiatan salah satu diantaranya mengadakan lomba marawis.

Lomba kreasi seni ini mengusung tema” Dengan Semangat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1440 H Kita Hidupkan Semangat Ke-Islaman Menuju Kemaslahatan dan Kedamaian Ummat”

Sebanyak 19 group Marawis perwakilan 16 Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kelurahan Cigantang meramaikan Lomba Marawis ini.

Perhelatan yang digelar Kelurahan Cigantang ini memang mengundang perhatian masyarakat, ini dibuktikan banyaknya orang yang berdatangan dan memadati halaman Kantor Kelurahan, untuk memberikan semangat kepada kelompoknya yang tengah bertanding atau hanya sekedar mencari hiburan

Ketua Panitia Dindin Apipudin mengatakan kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk melestarikan seni musik Islami, khususnya seni musik marawis.

“Lomba marawis dan rebana ini pesertanya dari semua golongan, baik anak-anak, remaja, dewasa, bahkan golongan dari lansia pun turut menjadi peserta. Sebagai sebuah kesenian yang bernafaskan Islamu, keberadaan seni marawis ini jangan sampai hilang ditelan zaman. Kita harus sebisa mungkin dapat mengembangkannya. Untuk para juara panitia telah menyiapkan hadiah berupa trophy dan uang pembinaan. Dalam hal penilaian untuk menentukan juara ada tiga kriteria yaitu vokal, aransemen dan penampilan,” jelasnya.

Sementara Tedi Sutardi selaku Lurah Cigantang saat diwawancarai mengatakan kegiatan lomba ini memang diakui baru pertama kalinya diadakan di Kelurahan Cigantang. Namun walaupun baru pertama kali diadakan, namun tingkat antusias warga masyarakat Kelurahan Cigantang begitu tinggi. Diakuinya, setiap ada kegiatan di Kelurahan, masyarakat disini selalu datang berbondong-bondong ke lokasi acara, untuk hal ini saya memberikan apresiasi kepada seluruh warga masyarakat. Mudah-mudahan melalui kegiatan lomba ini menjadi ajang untuk mempererat silaturami antar warga dan sebagai sarana dakwah untuk dapat menciptakan generasi penerus yang berakhlaqul karimah. Untuk juara dalam kegiatan lomba mawaris nantinya akan diikut sertakan dalam acara yang akan dihadiri oleh Walikota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman pada tanggal 18 September mendatang,” tandasnya.

Jurnalis: H.Amir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *