Pentingnya Wujudkan Kelurahan Sadar Hukum

KOTA TASIK, fokuspriangan.com – Guna mewujudkan kesadaran hukum masyarakat yang lebih baik, sehingga setiap anggota masyarakat dan aparat Kelurahan menyadari dan menghayati hak dan kewajibannya, serta mewujudkan budaya hukum dalam sikap dan perilaku yang sadar, patuh dan taat terhadap hukum demi tegaknya supremasi hukum, Bagian peundang undangan Setda Kota Tasikmalaya bekerjasama dengan pihak kelurahan Setiamulya Kec Tamansari Kota Tasikmalaya gelar kegiatan pembinaan sadar hukum, yang dilaksanakan Di Gor Kel Setiamulya Kamis (11/10/2018).

Dalam kesempatan itu hadir Sekmat Kec Tamansari, Lurah Setiamulya, Perwakilan bagian perundang undangan, Babinmas, ketua Panwascam Tamansari, Karang taruna, dan diikuti Rt dan Rw se-Kel Setiamulya.

Sekmat Tamansari H.Ade Saepudin Z,. menyampaikan bahwa “Pembangunan di bidang hukum merupakan sektor prioritas pembangunan Nasional dengan mengembangkan budaya sadar hukum di semua lapisan, baik aparatur maupun masyarakat sampai tingkat keluarga demi terciptanya kesadaran dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Lebih lanjut, ”Pembangunan dan pengembangan budaya sadar hukum diarahkan untuk membentuk sikap dan perilaku masyarakat yang memahami hak dan kewajibannya sebagai individu dan Warga Negara dalam mengimplementasikan nilai dan norma yang terkandung dalam falsafah Negara yaitu Pancasila, agar kesadaran, ketaatan serta kepatuhan terhadap hukum makin meningkat dan hak asasi manusia semakin dihormati dan dijunjung tinggi, sehingga tercipta ketentraman dan ketertiban hukum yang berintikan kejujuran, kebenaran dan keadilan untuk mewujudkan kepastian hukum dalam rangka menumbuhkan dan mengembangkan disiplin Nasional.”Katanya.

Lanjut H Ade, dalam pelaksanaannya tentu harus didukung oleh semua elemen masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat serta dalam tatanan Pemerintahan Kelurahan, diharapkan agar seluruh aparatur dan masyarakat umum dapat mengetahui, memahami, menghayati, mentaati dan menerapkannya dalam bersikap dan bertingkah laku. Selain itu, momentum pembinaan ini adalah salah satu saat yang tepat bagi kita semua, untuk kembali melakukan introspeksi diri dan melakukan evaluasi terhadap berbagai upaya menumbuhkan kesadaran hukum di masyarakat, dan mengimplementasikannya dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

H.Ade berharap dengan kegiatan pembinaan sadar hukum ini mudah mudahan bisa bermampaat untuk di gunakan dalam sehari hari,”harapnya.

Jurnalis: Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *